Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Oleh: Syifa Alyadani (039223350)
Guru Kelas A Mahasiswa PPG Prajabatan UNPAK Gelombang 1 Tahun 2023
Pada akhir pembelajaran setiap topik, mahasiswa diminta untuk merefleksikan pembelajaran, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Berikut merupakan refleksi mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia dalam bentuk aksi nyata.
SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawaban: Sebelum memulai proses pembelajaran pada topik 3, hal yang saya pikirkan yaitu bagaimana proses perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia serta bagaimana menerapkan pendekatan dengan menggunakan perspektif tersebut.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawaban: Pada topik ini, saya mempelajari bahwa faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat membantu saya dalam menjalankan peran sebagai pendidik dengan lebih baik. Hal ini berkaitan dengan interaksi sehari-hari, seperti adanya status Status Sosial Ekonomi (SES) dan Cultural-Historical Activity Theory (CHAT). Dalam proses pendidikan tentunya terdapat interaksi antara orang dewasa yaitu guru dan anak yaitu peserta didik. SES berpengaruh terhadap sikap yang harus diberikan kepada peserta didik. Dalam proses perkembangan interaksi ini di batasi oleh CHAT sebagai penghubung dalam aktivitas manusia. Hal tersbut berikaitan dengan sikap, nilai, keterampilan kognitif dalam pembentukan karakter manusia. Vigotsky menyebutkan bahwa momen sosial dalam kesadaran adalah hal yang utama dalam waktu dan juga fakta. Hukum dasar sejarah perkembangan manusia yang menyatakan bahwa manusia diciptakan oleh masyarakat di mana mereka tinggal dan bahwa itu merupakan faktor penentu dalam pembentukan kepribadian seseorang.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawaban: Pada ruang kolaborasi saya dengan rekan kelompok saling bertukar pikiran mengenai pandangan dan kesiapan mengajar dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan kepada rekan sekelompok. Kemudian kami juga mempelajari bagaimana persamaan dan perbedaan ketika mengajar dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Ternyata dengan memperhatikan perspektif tersebut dapat memengaruhi proses pembelajaran peserta didik. Pemahaman perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat membantu kami sebagai guru untuk mengidentifikasi kebutuhan yang terdapat pada peserta didik, sehingga kami sebagai guru dapat merancang pendekatan pembelajaran yang inklusif dan relevan.
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Jawaban:
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Jawaban: Faktor sosial dan budaya suatu daerah akan sangat mempengaruhi pada karakteristik peserta didik dan relevansi nilai budaya sebagai bahan materi pada proses pembelajaran. Selain itu, kondisi Status ekonomi sosial (SES) juga akan mempengaruhi pada perilaku dan sikap peserta didik, yang tentunya proses pembelajaran harus menyesuaikan hal tersebut. Kebijakan politik yang dibuat, akan mempengaruhi pada berjalannya proses pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum yang diberlakukan saat ini.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Jawaban: Pemahaman yang berubah yaitu bahwa perspektif sosial, budaya, ekomoni, dan politik harus dilakukan oleh seorang guru untuk dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Termasuk didalamnya memperhatikan latar belakang, gaya belajar, pemilihan pendekatan, metode, model dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Jawaban:
6. Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Jawaban:
7. Aksi Nyata
a. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Jawaban:
b. Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Jawaban: Kesiapan saya untuk menghadapi peserta didik dengan keberagaman yang mereka miliki dalam skala 1-10 yaitu 8. Hal tersebut karena meskipun saya sudah memahami dan memiliki gambaran mengenai cara mengatasi keberagaman peserta didik, saya harus terus belajar dan mengembangkan pengetahuan saya salah satunya melalui program PPG yang sedang saya jalanin saat ini.
c. Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Jawaban: Saya akan meningkatkan pemahaman saya tentang bagaimana cara membuat rancangan pembelajaran yang efektif untuk menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran.
No related post available
- Home>
- Refleksi Topik 3 Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran
