Posted by : syifaalyadani Jumat, 29 September 2023

Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia


Oleh: Syifa Alyadani (039223350)

Guru Kelas A Mahasiswa PPG Prajabatan UNPAK Gelombang 1 Tahun 2023

            Pada akhir pembelajaran setiap topik, mahasiswa diminta untuk merefleksikan pembelajaran, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Berikut merupakan refleksi mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia dalam bentuk aksi nyata.


1.     Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawaban:

Saya dapat mengartikan konsep Sosiokultural sebagai suatu pendidikan yang melibatkan unsur budaya dan sosial. Dengan kata lain, pendidikan yang diberikan kepada siswa tidak dapat dipisahkan dari cara mereka berinteraksi dengan individu lainnya dan juga dari upaya mereka dalam menjaga serta mempertahankan warisan budaya daerah mereka.


2.     Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawaban:

Saya yakin bahwa fokus pada sosiokultural dalam konteks pendidikan akan berkontribusi pada peningkatan kemampuan anak-anak, tidak hanya dalam hal aspek kognitif tetapi juga dalam cara mereka menghargai keberagaman dengan individu lainnya.


3.     Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawaban:

Pada tahap kolaborasi ruangan, beberapa video yang sangat menarik ditampilkan, dan hal ini menyentuh hati saya tentang makna pendidikan. Video-video tersebut menggambarkan kesulitan yang dialami oleh anak-anak di desa terpencil dengan medan atau akses jalan yang sulit. Meskipun mereka menghadapi berbagai keterbatasan, seperti keterbatasan ekonomi, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua serta lingkungan, dan juga masalah budaya nikah dini yang masih umum terjadi, tetapi semangat mereka dalam belajar tetap membara. Saya berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan merdeka dalam proses belajar, setidaknya dalam lingkup saya sendiri, karena bagi saya, kebaikan sejati adalah memberikan manfaat kepada sesama.


4.     Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban:

Menerapkan pendekatan sosiokultural dalam kerja kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran menjadi sangat penting. Meskipun setiap anggota kelompok mungkin memiliki pemikiran dan pendapat yang berbeda-beda, kita dapat memahami serta menghargai perbedaan pendapat tersebut. Selain itu, kita juga menyadari bahwa kemampuan kognitif dan keterampilan tiap individu memiliki tingkat keberagaman yang unik.


5.     Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Jawaban:

Pembelajaran tidak hanya tentang penyampaian ilmu, proses mendidik, dan memberikan contoh kepada siswa. Sebaliknya, kita perlu memasukkan aspek-aspek seperti latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pemahaman yang lebih mendalam terhadap karakter siswa secara keseluruhan. Dengan demikian, pembelajaran akan memiliki nilai yang lebih signifikan dan mendorong saling penghargaan. Saya berkeinginan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis sosiokultural dalam aktivitas pembelajaran di kelas.


6.     Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawaban:

Menyadari bahwa pendidikan merupakan perjalanan yang memerlukan waktu dan usaha, kita harus berjuang untuk meningkatkan kualitas diri dalam proses pendidikan. Berinteraksi dengan berbagai individu, seperti contohnya dalam lingkungan perkuliahan yang berasal dari berbagai latar belakang, telah membuat saya lebih menghargai keberagaman di antara kita, dan ini membuat saya merasa lebih bersyukur.


7.     Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Jawaban:

Dampaknya yakni saya menjadi lebih terbuka dalam berpikir dan lebih bijak dalam menghadapi berbagai permasalahan di bidang pendidikan. Meskipun saya masih berada pada tahap kesiapan skala 7, saya menyadari bahwa masih perlu terus belajar untuk meningkatkan kualitas diri. Salah satu langkah yang saya ambil untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengikuti program PPG Prajabatan agar dapat menjadi seorang guru yang profesional.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SYIFA ALYADANI - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -