Posted by : syifaalyadani Senin, 09 Oktober 2023

Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Oleh: Syifa Alyadani (039223350)

Guru Kelas A Mahasiswa PPG Prajabatan UNPAK Gelombang 1 Tahun 2023


            Pada akhir pembelajaran setiap topik, mahasiswa diminta untuk merefleksikan pembelajaran, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Berikut merupakan refleksi mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia dalam bentuk aksi nyata.

 

1.     Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawaban: Sebelu memilai proses pembelajaran, hal yang saya pikirkan yaitu bagaimana saya bisa menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan saat mempelajari perspektif sosiokultural ketika saya menghadapi peserta didik yang memiliki beragam latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda.

 

2.     Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Jawaban: Pada topik ini yang saya mempelajari bahwa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat memberikan pengaruh dalam proses pendidikan. Dengan adanya faktor tersebut memberikan keberagaman cara panda seseorang dalam menyikapi suatu perbedaan, sehingga pendidik diharapkan dapat memilih metode pembelajaran yang tepat untuk membimbing peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya.

 

3.     Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Jawaban: Pada ruang kolaborasi saya dengan rekan kelompok disajikan tiga studi kasus yang memiliki sosiokultural berbeda dari masing-masing studi kasus tersebut. Dalam materi ini saya dan rekan kelompok belajar bagaimana mengidentifikasi faktor sosial, buada, ekonomi, dan politik yang mana dapat memengaruhi pembelajaran. Dengan mempelajari studi kasus tersebut saya dapat memahami bagaimana penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan keberagaman tersebut dan manfaat yang bisa diperoleh sebagai calon pendidik dalam memahami perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.


4.     Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban: Hal penting yang saya pelajari dalam proses demontrasi kontekstual yaitu saya dan rekan kelompok dapat berdiskusi untuk mengemukakan beragam pendapat yang kemudian disusun menjadi satu pandangan besama untuk menyelesaikan tugas kami secara kolaboratif. Saya dan rekan kelompok juga belajar bagaimana mempresentasikan hasil pemikiran kami kepada rekan kelompok lain sehingga mereka dapat memahaminya.

 

5.     Elaborasi Pemahaman

a. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawaban: Pendidikan multikulturalisme menekankan nilai pentingnya menghormati keragaman dalam berbagai aspek seperti suku, budaya, etnis, dan lainnya. Dengan kata lain, dalam proses pembelajaran, fokus diberikan pada prinsip kebersamaan yang mengutamakan sikap saling menghormati, menerima, dan menghargai perbedaan setiap peserta didik yang memiliki latar belakang yang beragam.

 

b. Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Jawaban: Proses pembelajaran bisa disesuaikan dengan realitas lingkungan atau konteks sosial dan budaya yang ada di sekolah. Tujuannya agar pendidik dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan situasi sosial dan budaya sehingga dapat memenuhi kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran.

 

c.  Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Jawaban: Saya ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana cara mengimplementasikan konsep-konsep perspektif sosiokultural dalam perancangan dan pelaksanaan strategi pembelajaran yang dapat memberikan dukungan kepada beragam peserta didik dalam proses belajar mengajar.

 

6.     Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawaban: Mata Kuliah perspektif sosiokultural ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah lainnya seperti mata kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia yaitu Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu yang di pengaruhi oleh faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik, sehingga kita sebagai guru harus menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan latar belakang yang dimiliki oleh peserta didik. Kaitan dengan mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajaran adalah Peserta didik memiliki latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berbeda-beda sehingga guru harus memahami karakter peserta didik dengan baik agar terciptanya pembelajaran yang efektifBerdasarkan hal tersebut saya mengetahui bahwa materi perspektif sosiokultural memiliki keterkaitan dengan filosofi pendidikan Indonesia, pemahaman peserta didik dan pembelajarannya, perancangan dan pengembangan kurikulum, dan prinsip pengajaran asesmen dalam membentuk pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran.

 

7.     Aksi Nyata

a. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Jawaban: Manfaat yang saya dapatkan dari pembelajaran topik ini untuk persiapan saya menjadi seorang pendidik yaitu saya akan memiliki kemampuan untuk menjadi mediator dalam mengembangkan pengetahuan peserta didik. Saya akan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik dan juga mampu menyesuaikan diri dengan konteks sosial dan budaya di lingkungan belajar peserta didik.

 

b. Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Jawaban: Kesiapan saya untuk menghadapi peserta didik dengan keberagaman yang mereka miliki dalam skala 1-10 yaitu 7. Hal tersebut karena saya belum mengimplementasikan konsep yang saya pelajari mengenai sosiokultural ini secara langsung dan saya belum mengetahui kondisi peserta didik secara langsung sehingga saya membutuhkan waktu untuk melakukan observasi terhadap beragam latar belakang peserta didik dan memperoleh pengetahuan lebih lanjuttentang sosiokultural yang akan saya pelajari pada topik-topik selanjutnya.


c. Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Jawaban: Saya akan meningkatkan pemahaman saya tentang konsep-konsep sosiokultural dengan mengikuti kuliah dan melaksanakan tugas secara optimal, sehingga saya mampu mengimplementasikan ilmu yang saya peroleh saat saya menjadi seorang guru profesional nantinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SYIFA ALYADANI - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -